MENGGANTUNG DIRI DI TENGAH TEBING

Tidur udah jadi kebutuhan wajib dan penting bagi seluruh umat manusia. Kurang tidur bisa ngebuat orang jadi gak  fokus dan bad mood. Gak heran berbagai macam teknologi dibuat supaya tidur jadi super nyaman dan berkualitas. Mulai dari teknologi bantal nyaman sampai terapi. Nah, yang Rani lakuin kali ini beda dan lebih menantang! Rani mencoba tidur nyaman dan berkualitas di tengah tebing SENDIRIAN.

img_0523

Gunung Purba Nglanggeran

Tidur di tengah tebing sebenernya bukan hal yang baru di kalangan para pemanjat. Tempat tidur ini namanya portaledge. Awalnya portaledge dibuat tahun 1950-an. Tujuannya sebagai tempat peristirahatan para pemanjat kalau lagi kelelahan atau kemaleman hahaha. Tapi lama kelamaan portaledge jadi semakin populer. Banyak orang yang manjat tebing tujuannya untuk buat dan tidur di portaledge. ­Durasi nginepnya macem-macem, mulai dari satu malam sampai tujuh malam!

Rani waktu itu coba ngebuat ­portaledge di Gunung Purba Nglanggeran Yogyakarta. Nah sebelumnya belum pernah ada orang yang buat portaledge disini, jadi aku orang yang pertama deh yeiyyy (dalam hati deg-deg an yasalam). Disini ada beberapa tebing yang bisa dijadikan spot. Nah sekilas portaledge ini mirip sama kasur PMI jaman sekolah dulu haha. Tapi jelas beda dong, sisi-sisi sampingnya dibuat dari alumunium yang ringan tapi kuat banget.

Sekitar jam stengah 6 sore, portaledge yang udah dipasang beberapa webbing mulai diturunkan. Sebenernya asal udah tau posisi yang pas, proses pemasangan portaledge  ini gak memakan waktu lama kok. Seluruh proses pemasangannya berlangsung selama 1 jam. Yeay tinggal siap-siap turun deh, jangan lupa harus pasang harness dan pengaman yang lain yah.

img_0524

Sunset di Nglanggeran

Dari puncak tebing sampai ke spot portaledge tingginya cuma sekitar 15 meter kok, cuma ya gitu deh, jurang dibawahnya 100 meter hahaha. Setelah turun dengan teknik rappelling aku pun akhirnya duduk di atas portaledge. Rasanya asik sih dan super menegangkan karena ini pengalaman baru juga kan untukku, jadi harus tenang untuk bisa dapet posisi aman dan nyaman.  Setelah duduk nyaman, Rani pasang anchor baru dulu untuk buat kompor. Yap masaknya gak boleh di atas portaledge karena beresiko terbakar. Gak mau kan yah kebakaran di tengah tebing hem.

Setelah instalasi kompor selesai, aku masak kopi panas untuk menghangatkan diri. Setelah selesai ngopi, aku makan dong. Makanannya udah tinggal ditransfer dari atas aja jadi gak usah buat lagi. Setelah perut kenyang, siap-siap tidur deh. Portaledge yang aku gunakan ini cuma muat untuk 1 orang aja. Jadi teman-temanku yang lain memutuskan untuk tidur di rumah warga yang jaraknya kurang lebih 2 kilometer. Untuk tetep bisa berkomunikasi aku dikasih HT.

Inget ya teman-teman untuk ngelakuin ini harus dipastikan kalian pake perlengkapan keamanan yang benar. Aku terikat sama 2 webbing pengaman, jadi kalau pun tidurnya bandel dipastikan gak akan terguling kebawah. Portaledge juga diikat dengan 4 rangka webbing. Jadi yaudah tinggal berdoa aja gak kejadian apa-apa eym.

Nah kebetulan aku anaknya kebo banget jadi ya sebenernya aku bisa tidur dimana aja dengan nyenyak termasuk di portaledge ini. Aku mulai tidur jam 8 malam. Tiba-tiba sekitar jam 12 malam ada bunyi kresek-kresek berisik disamping aku. Aku langsung kebangun tapi gak berani buka mata. Jantung rasanya mau copot..duh ada apa nih. Pocong? Ya kali masa dia lompat di tebing mana bisa. Kuntilanak? Harusnya kalo dia kan ketawa. AAAA LALU MAKHLUK APA INI??? Lama-lama suaraya makin ganggu. Akhirnya Rani ngeberaniin diri buka mata dan nengok! Dan ternyata….TIKUSS WOII! TIKUUUSS DISAMPING KEPALA WOIII!

Kalian pernah gak sih karena saking kagetnya sampe mematung gak bisa apa-apa? Nah itu yang aku rasain waktu lihat tikus di samping kepala. Aku mengumpulkan segenap keberanian. Dalam hati pokoknya bilang dalam hitungan ketiga aku harus kagetin tikusnya  biar dia kabur. 1…2…3! Aku bikin gerakan mendadak dan fix tuh tikus kabur! BYEEEEE!!!! Jantung rasanya lega dan nyawa udah balik lagi.

Setelah nenangin diri sendiri mata aku malah super melek dan gak ngantuk lagi. Eh pas nengok ke sebelah kanan tercenganglah aku karena lihat pemandangan yang segitu indahnya. Pemandangan kota Yogyakarta malam hari yang udah kaya bintang-bintang kecil. Pas lihat keatas bintang benerannya juga ada. Malam itu bener-bener cerah banget. Rasanya terharu :’) jadi gak ngerasa sendirian lagi hehehe.

img_0525

Pemandangan Yogyakarta dari portaledge

Setelah puas lihat bintang pelan-pelan aku balik tidur lagi dengan nyenyak dan bangun jam stengah 6 pagi. Rani gak lihat sunrise, karena pagi itu cukup berkabut. Tapi kabut itu bikin suasana jadi lebih magis dan syahdu. Teman-temanku yang lain baru dateng 1 jam kemudian. Ternyata malah mereka yang diganggu setan di rumah warga hahaha. Tahu gitu mending tidur sama aku aja kan di tebing hahaha.

img_0527

Muka sumringah setelah berhasil tidur di portaledge

Tidur di portaledge adalah salah satu item liputan Rani dan jadi salah satu liputan yang  ngajarin aku tentang totalitas. Sebenernya bisa aja Rani gak tidur beneran disana karena toh proses tidurnya gak di liput. Cuma saat itu aku memantapkan hati aja mau coba beneran supaya apa yang aku sampein ke penonton bener-bener pengalaman aku yang sesungguhnyaSelain itu kece juga kan bisa jadi orang pertama yang coba tidur di tebing Nglanggeran hahaha (tetep ye ada unsur memperkaya content). Aku gak nyesel sama sekali ngelakuin hal ini, malah ketagihan pengen coba lagi suata hari nanti!

Patricia Ranieta pamit! Stay awesome fellas!

6 thoughts on “MENGGANTUNG DIRI DI TENGAH TEBING

  1. Aku langsung googling gambar portaldege terus kok serem-serem, sih. Ada yang sampai beneran menggantung di ketinggian gitu. Tapi ini cocok banget sih untuk yang pengin menantang adrenalin. Deg-degan, euy!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s