MENJELAJAH LONDON DENGAN BUDGET SEADANYA

HALOOO SEMUAAA! SELAMAT DATAAANG. Tulisan ini dibuat untuk mejawab pertanyaan kalian yang penasaran sampai ubun-ubun tentang berapa sih uang yang harus dikuras kalau mau liburan ke London? Selama disana semuanya mahal-mahal gak? Sekali makan habis berapa? Dan segudang pertanyaan lainnya.

10783451840_dscf0124

Westminster, daerah pusat pemerintahan Inggris

Kalau buatku yang anak kosan dan gemar makan ayam geprek, biaya hidup disana tentu saja lumayan mahal. Tapi sebagai anak yang jago menghitung uang, ku berhasil membuat beberapa pengeluaran menjadi lebih murah dan bisa dialokasikan ke jajan-jajan lainnya nyeheheheh. Berikut adalah biaya beserta sedikit tips kalau kalian mau hemat pengeluaran ala Rani.

  1. TIKET PESAWATT PP

Harga tiket pesawatku untuk Jakarta-London-Jakarta adalah Rp 13.000.000,-. Rani pergi pas banget lagi musim liburan akhir tahun. Biasanya untuk di akhir tahun harga tiket pesawat PP bisa lebih dari Rp 20.000.000,-. Waktu itu Rani terbang dengan Garuda Indonesia. Pertimbangannya karena waktu transit yang tidak lama. Jadi lebih nyaman juga untuk orang tua.

10783033024_img_1108.jpg

Touchdown London!

 

Rani beli tiket dari 6 bulan sebelumnya via Garuda Online Travel Fair. Kalian juga harus rajin untuk lihat info-info travel fair kaya gini, karena banyak banget promo-promo menarik. Apalagi kalau kalian berencana pergi pas low season harga tiket pesawat bisa lebih murah lagi.

  1. VISA

Untuk biaya visa dengan menggunakan jasa travel agent, aku harus membayar Rp 2.215.000,-

  1. PENGINAPAN

London dibagi menjadi 6 zona wilayah. Zona 1 adalah zona yang paling dekat dengan pusat kota. Biaya hidup di zona 1 tentu jauh lebih mahal, jadi gak masuk pilihanku sama sekali. Aku coba cari kamar yang disewakan di Airbnb. Karena aku pergi ber 4 jadi lebih efektif kalau sewa kamar di rumah, karena biasanya ada fasilitas dapur dan mesin cuci. Akhirnya setelah jeli mencari, aku nemuin rumah yang cocok. Kamar di rumah ini disewain dengan harga $56/malam. Rani menginap selama 7 malam.

10779381600_img_0394.jpg

Rumahnya super duper nyaman bikin mager #eh

Penginapanku ada di daerah Raynes Park. Wilayah ini ada di zona 4. Jauh banget sebenernya ke pusat kota, tapi dari tempat menginap ke stasiun, cuma perlu 5 menit jalan. Super dekat dan mudah jadinya! Perjalanan dari penginapan ke pusat kota kurang lebih 30 menit. Akses transportasi yang mudah emang selalu jadi pertimbangan aku saat pilih penginapan.

  1. MAKAN

Mari kita bedah biaya makan pokok yang terdiri dari  sarapan, makan siang dan makan malam. Untuk sarapan Rani biasanya beli bahan mentah di supermarket. Biasanya pagi-pagi Rani sarapan roti, telur, susu dan jus. Curhat dikit, di hari ketiga aku ingin nasi uduk namun apa daya tak ada. Anyway kalau masak sarapan sendiri, aku cuma perlu spend 1 pound aja per harinya. Kalau sarapan diluar jauh lebih mahal. Untuk satu sandwich biasanya dijual 3 pound.

Makan siang dan malam kugabung yah karena mirip haha. Sebagai orang yang gemar makan nasi, aku sering banget makan di Chinatown. Untuk 1 porsi nasi dan lauk harganya rata-rata 9 pound. Tapi demi apapun porsinya bener-bener gede banget! Aku pertama kali makan sampe terkejut! Akhirnya sering bagi 2 sama Gani karena kalau makan sendiri gak habis. Jadi carilah selalu restoran yang menyediakan porsi super besar supaya gak mubazir dan hemat haha. Kalau dihitung hitung, umumnya satu kali makan siang digabung malam menghabiskan 9 pound.

10780024560_dscf3766

Kari katsu! Salah satu makanan yang bisa dibagi 2 dan super enak!

Oh iya untuk minum, aku selalu minta tap water hahaha. Yap air kerannya bisa diminum jadi gak usah beli deh. Aku saranin kalian juga selalu bawa botol minum biar kalo lagi jalan-jalan gak usah beli minum. Air mineral harganya lumayan mahal, kurang lebih 2 pound (Rp 38.000,-)

  1. JAJAN

Aku tipe yang gak bisa banget deh kalo gak ngemil. Intensitas aku ngemil bahkan lebih sering dibandingkan makan biasa. Jadi yaa budget untuk ngemil harus dimasukkan. Kalau tidak perut dan batinku akan mengamuk!

10780196864_dscf2645

Jajanan penggoyah iman 

10780316832_DSCF2666.JPG

Another street food nyaamyy

London surganya banget kue-kue enak. Setiap ada toko kue tuh mata aku gak bisa gak nengok. Mungkin kaya cewe-cewe lain liat sale kali yaah. Dalam sehari minimal aku ngemil 2 kali. Rata-rata harga kue disana bisa 3-4 pound. Hitunglah dalam sehari uang yang aku keluarkan untuk ngemil adalah 7 pound yah.

  1. TRANSPORTASI

Ini dia bagian favoritku selama di London! Sistem transportasinya rapi banget banget. Dalam satu hari aku mengeluarkan 9 pound untuk naik kereta bawah tanah + kereta biasa. Kalau naik bis, harganya 1.5 pound ke semua tujuan. Cuma aku jarang naik bis, karena kurang efektif kalau dari tempatku menginap. Di pusat kota aku lebih sering jalan kaki kemana mana. Kota ini ramah banget untuk pejalan kaki. Pemandangannya juga beda banget sama di Indonesia kan. Jadi jalan kaki sekalian wisata mata juga hehe (asal abis itu jangan salah belok masuk toko yee)

10781491088_DSCF4387.JPG

Ini di dalam stasiunnya

  1. HIBURAN

Kalau kalian mau wisata yang keren dan gak perlu bayar, masuklah ke museum. Museum disana keren-keren banget kok! Objek wisata yang harus aku bayar waktu itu adalah naik London Eye (bianglala super gede) seharga 25 pound dan juga masuk ke Warner Bross Studio untuk lihat studionya Harry Potter seharga 75 pound.

10779382512_DSCF2372.JPG

Natural History Museum

10783454144_DSCF8078.JPG

London Eye

10780312800_DSCF3542.JPG

Harry Potter Castle!

—————————————————————————————————————————————–

Itulah dia gambaran besar soal biaya yang harus kalian keluarkan kalau mau berlibur ke London. Aku gak masukin biaya internet karena di London cukup banyak wifi spot haha. Yuk sekarang  kita rangkum jadi poin-poin serta kita rupiahin. Gak Rani kasih lihat yaa detail pembagian dan perkaliannya, biar otak pada gak pusing juga hahaha. Kita ambil garis tengahnya yaa, 1 poundsterling kita hitung Rp 19.000,-

untitled-3

Semua dalam rupiah

Nah itu dia manteman kisaran biaya yang akan kalian keluarkan selama 8 hari 7 malam di London. Tapi balik lagi semuanya tergantung masing-masing orang yaah. Biaya ini bisa banget lebih murah tapi bisa banget juga lebih mahal. Semua tergantung cara kalian mengatur keuangan aja.

Saranku, hemat saat berlibur boleh banget. Tapi jangan sampai saking hematnya malah ngebuat kita gak bisa nikmatin perjalanan hehe. Jadi sebelum pergi menabunglah sampai cukup untuk memenuhi hal yang kalian mau.

SEMOGA MEMBANTU YAAA

Patricia Ranieta pamit! Stay awesome fellas!

4 thoughts on “MENJELAJAH LONDON DENGAN BUDGET SEADANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s