VISA KE INGGRIS SUSAH GAK SIH?

Denger punya denger katanya bikin visa Inggris tuh susah banget. Sering banget juga kejadian visa ditolak kalo berurusan sama negara ini. Eh tapi bener gak sih? Hemm setelah ngalamin sendiri, menurutku ngurusnya gak sulit kok.

img-0013.jpg

The famous Tower Bridge

Untuk urus visa Inggris, kalian gak perlu apply ke kedutannya. Sekarang Inggris sudah pake pihak ketiga yaitu VFS Global yang ada di Kuningan City (Jakarta). Rani memilih menggunakkan jasa travel agent untuk membantu pengurusan visa karena jadwal yang cukup padat. Daripada ada yang kelupaan hiks bisa berabe. Pastikan kalian memilih travel agent yang sudah terpercaya. Kalau Rani pake jasa Anta Vaya Tour (karena sepupuku kerja disana jadi diurusin saudara sendiri deh hahaha).

Biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan travel agent tentu lebih mahal. Kalau urus sendiri, biaya yang harus dibayarkan untuk visa kunjungan biasa adalah 124 USD (kurang lebih Rp 1.750.000,- tergantung dengan kurs). Rani harus bayar sebesar Rp 2.215.000,-. Secara harga selisihnya memang cukup jauh.

Perbedaan mengurus visa sendiri dengan menggunakan travel agent ada di beberapa poin. Travel agent membantu kita untuk mengambil nomor antrian dan melakukan pengecekan untuk seluruh dokumen yang kita miliki serta membantu mengisi formulir visa. Selain itu saat hari pengambilan dokumen, travel agent juga mendampingi kita sampai ke ruang pemberian dokumen. Saat visa sudah jadi, travel agent juga yang akan mengambil paspor kita. Tapi untuk keputusan diterima atau ditolak semuanya tetap tergantung kedutaan. Jadi urus sendiri atau dibantu travel agent semuanya tergantung kalian hehe. Silahkan pertimbangkan buaik-buaik yeah.

Ok! Mari kita masuk ke tahap pengurusan visanya yaah. Ini dia nih tahap-tahap yang harus kalian ikuti untuk mendapatkan visa inggris:

A. KELENGKAPAN DOKUMEN

  1. Paspor

Paspor yang kalian punya minimal masih berlaku 8 bulan sebelum masa berlaku habis. Kalau kalian punya paspor lama jangan lupa disertakan juga yah. Fungsinya supaya kedutaan bisa melihat riwayat perjalanan kalian. 

  1. Bukti reservasi tiket pesawat dan akomodasi

Kalian sudah harus punya minimal reservasi tiket pesawat PP. Kalau aku waktu itu memang udah beli tiket pesawatnya dari jauh-jauh hari. Kalo kata orang lumayan nekat karena beli tiket dulu baru urus visanya hahaha. Abisnya waktu itu harga promo jadi yaudah ku ambil aja deh.

Reservasi akomodasi jangan lupa yaah. Di Inggris ada banyak banget akomodasi yang bisa kalian pilih. Mulai dari hotel, rumah, flat, sharing room. Semuanya ada dan lengkap.

  1. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5 cm x 4,5 cm (2 lembar)

Background pas foto harus berwarna putih yah. Telinga juga harus terlihat di foto. Intinya kedutaan mau liat wajah kita sejelas jelasnya. Jadi kalau kalian punya poni panjanganya semata a.k.a poni lempar LEKAS DIPOTONG hahha. Pas foto ini sebenernya untuk berjaga jaga aja. Karena ketika Rani ke VFS ternyata disana foto ulang lagi pake kamera mereka. Tapi lebih baik punya persiapan daripada gak kan, kali aja pas kesana ternyata semua kameranya mati dududu.

  1. Fotokopi KTP, KK dan Akta Kelahiran

Nah disinilah mungkin yang agak berbeda dari visa negara lainnya. Untuk visa inggris, ketiga dokumen tersebut harus dalam bahasa Inggris. Translator yang digunakan juga haruslah yang sudah tersumpah dan memiliki izin. Waktu itu aku menggunakan jasa Worldnet Translation Service. Prosesnya berlangsung selama 3 hari kerja. Harganya 100 ribu rupiah per dokumen. Aku sih cukup puas menggunakan jasa mereka, karena responnya cepat dan juga sangat kooperatif. Kalau kalian mau juga bisa email mereka di worldnet.andrew@gmail.com

  1. Surat Keterangan Kerja (dalam bahasa inggris)

Kalau kalian karyawan, wajib menyertakan surat keterangan kerja dengan kop perusahaan. Hal ini untuk  memastikan kalau kalian benar-benar adalah karyawan di perusahaan tersebut dan pastinya akan kembali ke Indonesia. Jangan jadi imigran gelap yah! nyusahin tau kalo ketahuan.

Kalau punya usaha sendiri gimana? Kalian tinggal menyertakan surat kepemilikan perusahaan aja koo, no ribet at all yeah.

Kalau kerjanya freelance gimana? Nah ini pertanyaan sejuta umat. Saranku kalian bisa hubungi perusahaan yang sering menggunakan jasa kalian. Minta tolong mereka menuliskan surat keterangan kalau kalian memang sering digunakan jasanya. Ditulisnya di surat yang memiliki kop surat yah.

Kalau pake bantuan dana dari orangtua, anak atau suami gimana? Kalau ini sebenernya gak ribet. Kalian cukup minta orang tua, anak dan suami untuk membuat surat keterangan sponsor saja dan tanda tangan diatas materai hehe. Pastikan orang tua, anak dan suami beneran yee jangan cari di aplikasi.

  1. Surat referensi bank (dalam bahasa inggris)

Kalau ini kalian harus minta di kantor pusat bank masing-masing. Aku pakai bank BNI. Untuk mendapatkan surat referensi bank dari BNI aku harus bayar Rp 250.000,-. Setiap bank punya harga yang berbeda beda. Setau aku BCA dan BRI harganya lebih murah hehe. Prosesnya tergantung kebijakan bank masing-masing. Kalau BNI bisa sehari jadi.

  1. Rekening koran 3 bulan terakhir

Rekening koran kalian bisa print dimana saja asal bawa buku tabungannya yaah. Nah ini ngeri-ngeri sedep sih.Yang mereka lihat dari rekening koran ini adalah aktivitas keluar masuknya uang. Jadi kalau tiba-tiba melonjak seperti roket misalnya dari Rp 200.000,-  naik ke Rp 200.000.000,-  dengan tiba-tiba hem mereka akan curiga jangan-jangan nih duit hasil jual ginjal 200 kucing. Jadi pastikan keluar masuk uang di rekening kalian sehat dan stabil yaah. Kalau memang kalian mendapatkan bantuan dana dari orang lain, transfer nya bisa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Jadi gak terkesan mencurigakan (ini cuma saran loh yaa).

Seluruh dokumen ini harus kalian persiapkan baik-baik dan juga diperiksa lagi dengan teliti. Soalnya dokumen-dokumen ini ibarat amunisi sebelum maju berperang. Semua dokumen itulah yang nanti akan berbicara ke orang-orang di kedutaan dan meyakinkan mereka untuk memberikan visa itu ke kita. Dokumen ini harus punya teknik public speaking yang bagus supaya bisa meyakinkan (ibaratnya begitu yee).

Semua dokumen harus kita print di kertas A4 kecuali rekening koran yah karena sudah punya format kertasnya sendiri. Setiap lembar dokumen harus kinclong bersih. Tidak boleh di klip atau di jegrek (tau kan maksudku hahhaha). Tidak boleh juga di laminating (iya aku tau maksudnya kalian mau rapi, tapi gak gitu juga caranya)

10771515936-dscf4478.jpg

Regent Street. Mupeng gak? hihihi

B. MENGAJUKAN APLIKASI VISA

 Karena aku menggunakan jasa travel agent, tahap ini tidak aku lakukan. Tapi pacarku di tahun sebelumnya melalui tahap ini untuk urus visa studinya ke Inggris hehe. Ku akan berusaha share yang aku tahu yaa.

Pertama kalian harus buat akun di Visa4UK. Nah nanti disana kalian pilih tipe visa apa yang kalian butuhkan. Abis itu nanti akan ada verifikasi melalui email. Setelah itu kalian isi formulir secara online. Isi lengkap yah semua data-data kalian. Di form ini juga ada beberapa pertanyaan terkait kepergian kalian ke Inggris. Jawab dengan meyakinkan tapi jangan sepanjang esai 20 halaman. Jawabannya harus singkat, padat dan meyakinkan seperti contohnya “I’M CRAZY RICH ASIAN! THAT’S WHY I’M GOING”. Setelah semunya diisi dengan lengkap. Kalian tinggal Submit Application dan tanda tangan secara digital yaah.

C. MEMBUAT APPOINMENT DAN PEMBAYARAN VISA

 Nah selanjutnya kalian tinggal memilih jadwal pertemuan dan penyerahan dokumennya. Pertemuan ini akan dilakukan di VFS Global. Kalian bisa melakukan pertemuan di 3 kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Bali. Setelah jadwal pertemuan ditentukan, kalian tinggal melakukan pembayaran. Jika sudah bayar, kalian akan mendapatkan konfirmasi pembayaran. Nah ini wajib di print dan dibawa saat kalian ke VFS Global yaah.

D. HADIRI PERTEMUAN

Oke yang akan kukatakan pertama adalah JANGAN TERLAMBAT. Kalian sudah harus tiba di VFS Global setengah jam sebelum jadwal pertemuan kalian. Supaya aman. Semuanya dilakukan benar-benar tepat waktu. Saat pertemuan, hal pertama yang dilakukan adalah pengecekan dokumen. Saat ini kalian akan ditanya seputar rencana perjalanan kalian. Tapi sejujurnya ini hoki-hokian si, soalnya aku gak ditanya apa apa hahaha.

Setelah pengecekan dokumen, kita akan dibawa ke satu ruangan untuk biometric dan juga foto untuk keperluan visa hehe. Seluruh prosesnya berlangsung dengan amat sangat cepat. Secepat berkendara saat hari lebaran.

E. MENUNGGU DAN MENERIMA HASIL

 Proses visa inggris biadibilang cukup lama. Prosesnya 16-21 hari kerja idealnya. Rani sarankan kalian untuk sudah apply dari 3 bulan sebelum keberangkatan supaya gak terburu buru apalagi kalau lagi musim liburan! Waaah jangan mepet-mepet deh biar amaan. Kalau kalian butuh cepat, mereka juga menyediakan visa kilat yang prosesnya cuma 5 hari. Tapi tentu saja harganya jauh lebih mahal.

Kalau keputusan visa nya sudah keluar, nantinya kalian akan dikabarkan melalui email dan bisa diambil di VFS Global. Kalau kalian berhalangan hadir untuk mengambil, kalian bisa memberikan surat kuasa kepada wakil yang akan mengambilkan visanya.

YAP! Begitulah kira-kira yang akan kalian butuhkan dan lakukan untuk mendapatkan visa Inggris. Supaya diterima pastikan kalian harus mempersiapkan dokumen sebaik mungkin dan seteliti mungkin. Berikan dokumen seperti yang diminta, jangan sampai ada yang terlewat yaah.

GOOD LUCK!

img-0021

Sunset in London

Patricia Ranieta pamit! Stay awesome fellas!

 

 

9 thoughts on “VISA KE INGGRIS SUSAH GAK SIH?

  1. Selalu suka cerita perjalanannya kak patricia. Semoga terus memotivasi kak dan selalu terus melancong. Loved kak. Semoga bisa kayak kakak. 😍

    Like

    1. Haloo, maaf ya Aku baru balas. Harus pakai asuransi kok. Kalau kamu pakai jasa travel agent nanti nutum pembelian asuransi nya bisa sekalian dibantu. Waktu pergi ke Inggris aku pakai asuransi proforma

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s